BAB
II
PEMBAHASAN
A.
DIAGARAM
USECASE
1.
Pengetian
Diagram Usecase
Digram
usecase menggambarkan interaksi antara usecase dan aktor,dimana usecase
merepresentasikan fungsionalitas sistem dan kebutuhan sistem dari sudut pandang
pengguna.Sementara aktor merepresentasikan orang atau sistem yang menyediakan
atau menerima informasi dari sistem.Dengan kata lain usecase merupakan sebuah pekerjaan tertentu,misalnya login
kesistem,mencreate sebuah daftar belanja,dan sebagainya.Aktor sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan
sistem
untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
Diagram
usecase mengggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem,yang
ditekankan adalah “apa”yang duat sistem,bukan “bagaimana”.
2.
Komponen/Elemen
Pembentuk Diagram Usecase
Agar
kita mengerti mengenai Use Case diagram, maka pertama-tama kita harus mengerti
dulu elemen-elemen atau komponen-komponen yang ada di dalamnya.
a.
Actor
Pada
dasarnya actor bukanlah bagian dari diagram usecase,namun untuk dapat terciptanya
suatu diagram usecase diperlukan beberapa actor.Actor tersebut
merepresentasikan seseorang atau sesuatu,seperti perangkat,sistem lain,alat
eksternal dan waktu yang berinteraksi dengan sistem.
Sebuah
actor hanya dapat memberikan inputan informasi pada sistem atau hanya menerima
informasi dari sistem.
Actor
hanya bisa berinteraksi dengan usecase tetapi tidak memiliki control atas
usecase.
Actor
memiliki beberapa tipe,tipe-tipe tersebut adalah :
a) Pengguna
Sistem
Merupakan gambaran secara fisik dan umum yang selalu
ada pada setiap sistem.Beberapa ketentuan ketika memberi nama actor gunakan
nama peranan dan jangan nama posise karena seorang individu dapat memainkan
beberapa peranan,contoh:Andi adalah seorang pasien,namu dalam kesempatan lain
ia menjadi pegawai puskesmas,maka ia memainkan peranan sebagai petugas
kesehatan.
b) Sistem
yang lain dan berhubungan
Misalkan pada sebuah Sistem Informasi PUSKESMAS
memerlukan koneksi denagn aplikasi sistem yang lain yaitu SIM Rumah Sakit.Maka
pada tipe kedua ini actornya adalah SIM Rumah Sakit.
c) Waktu
Wakut dapat menjadi actor jika seiring perjalanan
waktu dapat memicu kejadian/even dalam sistem.
Misalkan bagian registrasi mendata pasien yang
berulang tahun pada hari kesehatan anak untuk mendapat pengobatan secara
gratis.Maka secara otomatis sistem menyeleksi pasien secara acak untuk mendapat
hadiah tersebut.Karna waktu berada diluar kendali kita maka ia bisa menjadi
actor.
b.
Use
Case
Adalah
bagian fungsionalitas tingkat tinggi yang disediakan oleh sistem.Dengan kata
lain, use case menggambarkan bagaimana seseorang menggunakan sistem.
Cara
menentukan Use Case dalam suatu sistem:
a) Pola
perilaku aplikasi perangkat lunak.
b) Gambaran
tugas dari sebuah actor.
c) Sistem
atau benda yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor.
d) Apa
yang dikerjakan oleh suatu perangakat lunak bukan bagaimana cara
mengerjakannya.
3.
Relationship
a. Relasi
Asosiasi
Relasi
antara actor dan use case.Dinotasikan seperti gambar berikut:
Arah panah menunjukkan siapa yang mengawali
komunikasi.
b. Relasi
Include
Memungkinkan satu use case menggunakan
fungsionalitas yang disediakan oleh use case lainnya.
c. Relasi
Extend
Memungkinkan suatu use case secara optional menggunakan fungsionalitas
yang disediakan oleh use case lainnya.
Keterangan
:
Use case pemeriksaan kesehatan suatu
saat memerlukan tes laboratorium,tapi pada saat lain tidak. Tergantung pada
kondisi pasien yang diperiksa.
d. Relasi
Generelisasi
Digunakan untuk menunjukkan bahwa
beberapa actor atau use case mempunyai beberapa persamaan, namun ada perbedaan
spesifik antara actor/use case tersebut.
Contoh:
B.
SIMBOL-SIMBOL
yang DIGUNAKAN dalam DIAGRAM USECASE
NO
|
GAMBAR
|
NAMA
|
KETERANGAN
|
1
|
Actor
|
Menspesifikasikan
himpuan peran yang pengguna mainkan ketika berinteraksi dengan use case.
|
|
2
|
Dependency
|
Hubungan
dimana perubahan yang terjadi pada suatu elemen mandiri (independent)
akan mempengaruhi elemen yang bergantung padanya elemen yang tidak mandiri (independent).
|
|
3
|
Generalization
|
Hubungan
dimana objek anak (descendent)
berbagi perilaku dan struktur data dari objek yang ada di atasnya objek induk
(ancestor).
|
|
4
|
Include
|
Menspesifikasikan
bahwa use case sumber secara eksplisit.
|
|
5
|
Extend
|
Menspesifikasikan
bahwa use case target memperluas
perilaku dari use case sumber pada
suatu titik yang diberikan.
|
|
6
|
Association
|
Apa
yang menghubungkan antara objek satu dengan objek lainnya.
|
|
7
|
System
|
Menspesifikasikan paket yang menampilkan sistem secara
terbatas.
|
|
8
|
Use
Case
|
Deskripsi
dari urutan aksi-aksi yang ditampilkan sistem yang menghasilkan suatu hasil
yang terukur bagi suatu aktor
|
|
9
|
Collaboration
|
Interaksi
aturan-aturan dan elemen lain yang bekerja sama untuk menyediakan prilaku
yang lebih besar dari jumlah dan elemen-elemennya (sinergi).
|
|
10
|
Note
|
Elemen
fisik yang eksis saat aplikasi dijalankan dan mencerminkan suatu sumber daya
komputasi
|
Gambar.simbol-simbol diagram
usecase
C. CONTOH DIAGRAM USECASE
·
Use Case
Pengolahan Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG)
Deskripsi Use Case Pengolahan Data Pegawai dan gaji
(DDPG)
Nama :
Use Case Pengolahan Data Pegawai dan
Gaji
Actor : Administrasi dan Pegawai
Deskripsi : Administrasi Mencetak Slip Gaji kemudian diserahkan kepada Pegawai
Nama
Use Case :<>
Input total absensi pegawai dan input data pegawai, data pendidikan, data
keluarga, PKS, insentif, fungsional, transport dan potongan.
·
Use Case Diagram Sistem Informasi
Puskesmas
0 komentar:
Posting Komentar