Ferramentas

Minggu, 27 Mei 2012

Tugas Rekayasa Perangkat Lunak II


BAB II
PEMBAHASAN

                  A.    DIAGARAM USECASE

1.         Pengetian Diagram Usecase
      Digram usecase menggambarkan interaksi antara usecase dan aktor,dimana usecase merepresentasikan fungsionalitas sistem dan kebutuhan sistem dari sudut pandang pengguna.Sementara aktor merepresentasikan orang atau sistem yang menyediakan atau menerima informasi dari sistem.Dengan kata lain usecase merupakan sebuah pekerjaan tertentu,misalnya login kesistem,mencreate sebuah daftar belanja,dan sebagainya.Aktor sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan sistem
untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
      Diagram usecase mengggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah sistem,yang ditekankan adalah “apa”yang duat sistem,bukan “bagaimana”.
2.          Komponen/Elemen Pembentuk Diagram Usecase
           Agar kita mengerti mengenai Use Case diagram, maka pertama-tama kita harus mengerti dulu elemen-elemen atau komponen-komponen yang ada di dalamnya.
a.      Actor
           Pada dasarnya actor bukanlah bagian dari diagram usecase,namun untuk dapat terciptanya suatu diagram usecase diperlukan beberapa actor.Actor tersebut merepresentasikan seseorang atau sesuatu,seperti perangkat,sistem lain,alat eksternal dan waktu yang berinteraksi dengan sistem.
           Sebuah actor hanya dapat memberikan inputan informasi pada sistem atau hanya menerima informasi dari sistem.
           Actor hanya bisa berinteraksi dengan usecase tetapi tidak memiliki control atas usecase.



           Actor memiliki beberapa tipe,tipe-tipe tersebut adalah :
a)      Pengguna Sistem
Merupakan gambaran secara fisik dan umum yang selalu ada pada setiap sistem.Beberapa ketentuan ketika memberi nama actor gunakan nama peranan dan jangan nama posise karena seorang individu dapat memainkan beberapa peranan,contoh:Andi adalah seorang pasien,namu dalam kesempatan lain ia menjadi pegawai puskesmas,maka ia memainkan peranan sebagai petugas kesehatan.
b)      Sistem yang lain dan berhubungan
Misalkan pada sebuah Sistem Informasi PUSKESMAS memerlukan koneksi denagn aplikasi sistem yang lain yaitu SIM Rumah Sakit.Maka pada tipe kedua ini actornya adalah SIM Rumah Sakit.
c)      Waktu
Wakut dapat menjadi actor jika seiring perjalanan waktu dapat memicu kejadian/even dalam sistem.
Misalkan bagian registrasi mendata pasien yang berulang tahun pada hari kesehatan anak untuk mendapat pengobatan secara gratis.Maka secara otomatis sistem menyeleksi pasien secara acak untuk mendapat hadiah tersebut.Karna waktu berada diluar kendali kita maka ia bisa menjadi actor.
b.      Use Case
           Adalah bagian fungsionalitas tingkat tinggi yang disediakan oleh sistem.Dengan kata lain, use case menggambarkan bagaimana seseorang menggunakan sistem.
           Cara menentukan Use Case dalam suatu sistem:
a)      Pola perilaku aplikasi perangkat lunak.
b)      Gambaran tugas dari sebuah actor.
c)      Sistem atau benda yang memberikan sesuatu yang bernilai kepada actor.
d)     Apa yang dikerjakan oleh suatu perangakat lunak bukan bagaimana cara mengerjakannya.
3.      Relationship
a.    Relasi Asosiasi
        Relasi antara actor dan use case.Dinotasikan seperti gambar berikut:
Arah panah menunjukkan siapa yang mengawali komunikasi.
b.      Relasi Include
        Memungkinkan satu use case menggunakan fungsionalitas yang disediakan oleh use case lainnya.

c.       Relasi Extend
        Memungkinkan suatu use case secara optional menggunakan fungsionalitas yang disediakan oleh use case lainnya.
Keterangan :
            Use case pemeriksaan kesehatan suatu saat memerlukan tes laboratorium,tapi pada saat lain tidak. Tergantung pada kondisi pasien yang diperiksa.
d.      Relasi Generelisasi
           Digunakan untuk menunjukkan bahwa beberapa actor atau use case mempunyai beberapa persamaan, namun ada perbedaan spesifik antara actor/use case tersebut.
Contoh:
                B.     SIMBOL-SIMBOL yang DIGUNAKAN dalam DIAGRAM USECASE
NO
GAMBAR
NAMA
KETERANGAN
1

Actor
Menspesifikasikan himpuan peran yang pengguna mainkan ketika berinteraksi dengan use case.
2
Dependency
Hubungan dimana perubahan yang terjadi pada suatu elemen  mandiri (independent) akan mempengaruhi elemen yang bergantung padanya elemen yang tidak mandiri (independent).
3
Generalization
Hubungan dimana objek anak (descendent) berbagi perilaku dan struktur data dari objek yang ada di atasnya objek induk (ancestor).
4
Include
Menspesifikasikan bahwa use case sumber secara eksplisit.
5
Extend
Menspesifikasikan bahwa use case target memperluas perilaku dari use case sumber pada suatu titik yang diberikan.
6
Association
Apa yang menghubungkan antara objek satu dengan objek lainnya.
7

System
Menspesifikasikan paket yang menampilkan sistem secara terbatas.

8
Use Case
Deskripsi dari urutan aksi-aksi yang ditampilkan sistem yang menghasilkan suatu hasil yang terukur bagi suatu aktor
9
Collaboration
Interaksi aturan-aturan dan elemen lain yang bekerja sama untuk menyediakan prilaku yang lebih besar dari jumlah dan elemen-elemennya (sinergi).
10
Note
Elemen fisik yang eksis saat aplikasi dijalankan dan mencerminkan suatu sumber daya komputasi
                            
Gambar.simbol-simbol diagram usecase


                        C.    CONTOH DIAGRAM USECASE
·         Use Case Pengolahan Daftar Data Pegawai dan Gaji (DDPG)

   Deskripsi Use Case Pengolahan Data Pegawai dan gaji (DDPG)
   Nama                           :   Use Case Pengolahan Data Pegawai dan Gaji
   Actor                           :   Administrasi dan Pegawai
Deskripsi                     :   Administrasi Mencetak Slip Gaji  kemudian diserahkan kepada Pegawai
   Nama Use Case           :<> Input total absensi pegawai dan input data pegawai, data pendidikan, data keluarga, PKS, insentif, fungsional, transport dan potongan.




·         Use Case Diagram Sistem Informasi Puskesmas





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More